Thursday, December 20, 2018

Pantangan Makanan Sembelit Pada Anak

Pantangan Makanan Sembelit Pada Anak

Inilah Ada Beberapa Pantangan Makanan Sembelit Pada Anak Yang Harus Dihindari!


Pantangan Makanan Sembelit Pada AnakSembelit atau susah buang air besar akan lebih dikenal dalam bahasa medisnya sebagai konstipasi. Sembelit ini memang akan kerap terjadi pada anak-anak. Tingkat terjadinya sembelit pada anak-anak akan sangat bervariasi antara 4-36%. Tingkat terjadinya sembelit (konstipasi) akan sering terjadi pada anak laki-lakid an juga perempuan yang berusia di bawah 5 tahun. Namun pada usia yang lebih besar, tingkat terjadinya sembelit ini akan lebih sering dijumpai pada anak perempuan. Usia yang paling sering terjadi akibat keluhan sembelit ini yaitu sekitar usia 2-3 tahun, yaitu ketika anak-anak sedang melakukan toilet training (latihan membuang air kecil dan besar di toilet). Sembelit atau susah buang air besar pada anak ditandai dengan keluhan seperti feses akan menjadi keras dan berbentuk seperti fese kambing sehingga sering menyebabkan keluhan nyeri setelah melakukan buang air besar. 

Dibawah ini ada beberapa Ciri Ciri Sembelit Pada Anak yang harus diketahui yaitu :
  • Frekuensi pada saat melakukan buang air besar pada anak akan menjadi semakin berkurang dari sebelumnya, misal pada bayi yang baru lahir, feses yang terlihat keras dan hanya keluar dari 1 kali dalam sehari, dan pada anak yang lebih besar, feses akan terlihat keras dan akan keluar hanya sekali dalam 3-4 hari.
  • Terkadang, akan terdapat darah yang segar di feses.
  • Feses yang akan keluar akan nampak seperti feses kambing, yang berbentuk kecil dan keras.
  • Setelah melakukan buang air besar, si kecil akan merasa tidak nyaman di daerah perutnya.
  • Sering disertai dengan keluhan seperti susah untuk menahan buang air besar sehingga hanya keluar sedikit-sedikit. Banyak orang yang beranggapan bahwa kejadian ini adalah diare, padahal dalam dunia medis dikenal dengan inkontinensia fekal (buang air besar tidak terkendali).

Pantangan Makanan Sembelit Pada Anak


Dibawah ini ada beberapa Pantangan Makanan Sembelit Pada Anak yang harus dihindari yaitu :
  • Sereal Beras 
Bukan hal yang sangat mengejutkan lagi jika penyebab sembelit pada bayi akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan padat. Salah satu makanan padat yang sering diberikan untuk bayi adalah sereal beras. Sehingga, makanan ini dapat menyebabkan sembelit karena rendah serat.

Meski demikian, Anda mungkin dapat mencoba dengan menggunakan selai dan sereal oatmeal, karena makanan ini mengandung lebih banyak serat. Bila perlu, tambahkan juga sedikit jus buah prem pada sereal untuk memberikan varian rasa yang lebih nikmat sekaligus membantu mencegah sembelit.

  • Produk susu

Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sangat besar seperti produk susu, seperti susu, yogurt, es krim, ataupun keju dapat menyebabkan sembelit. Belum diketahui dengan secara pasti apakah ini terjadi karena susu itu sendiri atau justru malah kombinasi dari kedua hal tersebut.

Namun, kandungan lemak yang tinggi dan rendahnya serat yang ada di dalam produk susu dapat memperlambat proses pencernaan sehingga memicu sembelit. Tidak hanya itu, kandungan laktosa dalam susu dipercaya dapat menyebabkan perut kembung atau bergas.

Hal ini juga sangat berlaku bagi bayi yang mengonsumsi susu formula. Pasalnya, jika bayi Anda minum susu formula, ada kemungkinan penyebab sembelit yang dialaminya berasal dari salah satu komponen protein dalam susu formula.

Selain itu jika anak membutuhkan serat untuk melancarkan buang air besarnya, maka makanan yang harus dihindari saat sembelit yaitu yang mengandung sedikit serat atau yang tidak mengandung serat sama sekali, seperti:
  • Keripik, biskuit, wafer, dan makanan ringan yang lainnya
  • Makanan fast food yang banyak mengandung lemak
  • Makanan olahan, seperti sosis, bakso, pizza, dan lainnya
  • Daging
Makanan yang mengandung minyak dan lemak banyak, seperti kentang goreng, ayam goreng, donat, dan yang lainnya seperti yang ada dalam restoran fast food cenderung akan membuat pencernaan anak Anda bergerak lebih lambat, sehingga dapat menyebabkan penyakit sembelit. Sebaiknya berikan anak makanan yang dimasak dengan cara dikukus atau dengan cara direbus ketika anak sedang mengalami penyakit sembelit.

Sebaiknya Anda juga tidak memberikan makanan yang memiliki efek mengikat, seperti pisang, wortel yang telah dimasak, susu dan produk susu, seperti keju, yogurt, dan es krim. Kandungan lemak yang tinggi dan serat ini yang lebih rendah pada susu dan produk susu akanmembuat buang air besar pada anak Anda menjadi tidak lancar. Namun, Anda masih boleh memberikan susu pada anak Anda, tetapi sebaiknya dibatasi cukup 2 gelas saja per hari.

Banyak sekali orang yang sudah membuktikan dan menyatakan bahwa untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit sembelit pada anak ini dapat dilakukan dengan secara rutin untuk mengkonsumsi QnC Jelly Gamat. Apakah Anda sudah mengetahui khasiat dari obat herbal yang satu ini ? jika anda berminat untuk membeli dan mengobati penyakit Anda hingga sembuh, silahkan KLIK -> Obat Sembelit Anak Di Apotik

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan mengenai Pantangan Makanan Sembelit Pada Anak. Semoga dengan hadirnya informasi kesehatan yang kami sampaikan ini dapat membantu mempercepat atau mencegah proses penyembuhan penyakit yang sedang Anda derita aamiin. ~SEMOGA LEKAS SEMBUH~





Pantangan Makanan Sembelit Pada Anak

No comments:

Post a Comment