Friday, December 28, 2018

Pertolongan Pertama Sembelit Pada Anak

Pertolongan Pertama Sembelit Pada Anak

Inilah Pertolongan Pertama Sembelit Pada Anak


Pertolongan Pertama Sembelit Pada AnakSembelit atau susah buang air besar akan lebih dikenal dalam bahasa medisnya sebagai konstipasi. Sembelit ini memang akan kerap terjadi pada anak-anak. Tingkat terjadinya sembelit pada anak-anak akan sangat bervariasi antara 4-36%. Tingkat terjadinya sembelit (konstipasi) akan sering terjadi pada anak laki-lakid an juga perempuan yang berusia di bawah 5 tahun. Namun pada usia yang lebih besar, tingkat terjadinya sembelit ini akan lebih sering dijumpai pada anak perempuan. Usia yang paling sering terjadi akibat keluhan sembelit ini yaitu sekitar usia 2-3 tahun, yaitu ketika anak-anak sedang melakukan toilet training (latihan membuang air kecil dan besar di toilet). Sembelit atau susah buang air besar pada anak ditandai dengan keluhan seperti feses akan menjadi keras dan berbentuk seperti fese kambing sehingga sering menyebabkan keluhan nyeri setelah melakukan buang air besar. 


Dibawah ini ada beberapa Ciri Ciri Sembelit Pada Anak yang harus diketahui yaitu :
  • Frekuensi pada saat melakukan buang air besar pada anak akan menjadi semakin berkurang dari sebelumnya, misal pada bayi yang baru lahir, feses yang terlihat keras dan hanya keluar dari 1 kali dalam sehari, dan pada anak yang lebih besar, feses akan terlihat keras dan akan keluar hanya sekali dalam 3-4 hari.
  • Terkadang, akan terdapat darah yang segar di feses.
  • Feses yang akan keluar akan nampak seperti feses kambing, yang berbentuk kecil dan keras.
  • Setelah melakukan buang air besar, si kecil akan merasa tidak nyaman di daerah perutnya.
  • Sering disertai dengan keluhan seperti susah untuk menahan buang air besar sehingga hanya keluar sedikit-sedikit. Banyak orang yang beranggapan bahwa kejadian ini adalah diare, padahal dalam dunia medis dikenal dengan inkontinensia fekal (buang air besar tidak terkendali).
Dibawah ini ada beberapa Penyebab Sembelit Pada Anak yang harus diketahui yaitu : 
  • Kurang konsumsi serat atau cukup air
  • Penyumbatan pada usus yang dapat disebabkan karena kanker colorectal, kanker perut, atau fisura anal.
  • Kurang beraktivitas atau terlalu lama duduk
  • Sedang hamil
  • Sedang stress atau mengalami perubahan lingkungan

Pertolongan Pertama Sembelit Pada Anak


Dibawah ini ada beberapa Pertolongan Pertama Sembelit Pada Anak yang harus diketahui yaitu :
  • Makanan Tinggi Serat 
Anak yang membutuhkan banyak konsumsi makanan yang mengandung banyak serat, misalnya saja makanan buah, sayur-sayuran dan gandum yang dapat mengurangi sembelit pada anak. Namun pada saat anak menolak untuk makan makanan tersebut Anda juga dapat memvariasikan menu makanan atau memberikan inovasi bentuk yang menarik agar anak lebih menyukainya. 
  • Rajin Berolahraga
Dorong anak untuk rajin melakukan aktivitas fisik seperti halnya bermain, naik sepeda atau berlarian. Aktivitas fisik ini dapat membantu peristaltik usus untuk bergerak. 
  • Berikan Anak Lebih Banyak Cairan 
Berikan anak lebih banyak air minum, usahakan harus memberikan anak air putih atau air mineral. Rata-rata sebanyak 3-4 gelas untuk anak sarapan dalam usia sekolah. Minum yang cukup air dan cairan lainnya dapat membantu tinja bergerak dengan lebih mudah melewati usus. Jumlah cairan yang dibutuhkan oleh anak-anak akan bervariasi menurut berat dan juga usia. 
  • Mengajari Anak Rutin Pergi Ke Toilet
Anak-anak itu biasanya sangat malas ketika harus pergi ke toilet apalagi jika sang anak sedang asik bermain. Sarankan kepada anak untuk masuk ke toilet dalam waktu yang sama atau bisa juga setiap jam sekali. 
  • Menata Jadwal Makan Dengan Secara Teratur 
Kadang anak-anak yang tidak terlalu memperdulikan kapan jadwal makan mereka, apalagi jika sang anak itu sedang asik-asiknya bermain. Namun apabila sang anak makan dengan secara teratur maka akan membantu kebiasaan sang anak dalam buang air besar dengan secara rutin.

Banyak sekali orang yang sudah membuktikan dan menyatakan bahwa untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit sembelit pada anak ini dapat dilakukan dengan secara rutin untuk mengkonsumsi QnC Jelly Gamat. Apakah Anda sudah mengetahui khasiat dari obat herbal yang satu ini ? jika anda berminat untuk membeli dan mengobati penyakit Anda hingga sembuh, silahkan KLIK -> Obat Sembelit Anak Di Apotik

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan mengenai Pertolongan Pertama Sembelit Pada Anak. Semoga dengan hadirnya informasi kesehatan yang kami sampaikan ini dapat membantu mempercepat atau mencegah proses penyembuhan penyakit yang sedang Anda derita aamiin. ~SEMOGA LEKAS SEMBUH~





Pertolongan Pertama Sembelit Pada Anak

No comments:

Post a Comment